![]() |
Cara Membangun Strategi Sosial Media Yang Benar |
Media sosial menjadi salah satu sarana pemasaran yang baik, terutama 10 tahun terakhir. Untuk kedepannya media social dilirik sebagai pasar yang cukup besar untuk membangun brand. Berikut Cara Membangun Strategi Sosial Media Yang Benar:
1.
Mengerti
dan mengukur tujuan anda
2.
Mengenal
karakteristik pelanggan anda
3.
Perhatikan
dan awasi saingan anda
4.
Pilih
media yang tepat
5. Membangun
perencana konten
Mengerti dan Mengukur Tujuan Anda
Anda harus
mengetahui tujuan marketing yang anda lakukan di media sosial. Apakah untuk
sekedar memberikan informasi atau mengenalkan produk anda saja? Apakah untuk
meninkatkan traffic ke website anda? Apakah untuk mengningkatkan penjualan?
Apakah membangun loyalitas dengan pelanggan anda? Apapun tujuan anda, itulah
yang akan menentukan langkah berikutnya yang akan anda ambil.
Ada
beragam tujuan marketing di media social, dengan mengetahui tujuan dengan jelas
maka anda akan dengan mudah menemukan strategi apa saja yang dapat anda
terapkan. Tujuan yang hendak anda capai harus terukur gunanya agar mudah
dilakukan analisa terhadap stategi yang anda ambil. Terukur dari segi waktu dan
hasilnya, dengan begitu anda akan mengetahui pencapaian yang anda lakukan.
Mengenal
Karakteristik Pelanggan Anda
Setelah
mengetahui tujuan anda dengan jelas selanjutnya anda harus mengenal karakter
pelanggan/audiens anda. Semakin spesifik karakter audiens anda maka akan
semakin baik. Dengan demikian anda bisa menarget orang yang tepat. Buatlah
rincian pelanggan anda dari segi kegemaran, usia, ketertariakn bidang tertentu
dan lainnya.
Perhatikan
dan Awasi Saingan Anda
Saingan
anda adalah mereka yang menjual produk sejenis atau mereka yang menargetkan
audiens yang sama dengan anda. Dengan adanya saingan anda menjadi bersemangat
mengembangkan strategi-strategi baru, bahkan anda bisa belajar dari kesalahan
saingan anda, anda bisa belajar dari kiat-kiat sukses mereka, anda bisa
pelajari setiap detail aktivitas media sosial mereka, dll.
Pilih
Media Anda
Tidak
semua media social sesuai untuk bisnis anda. Pilihlah media sosial yang tepat
untuk mengembangkan bisnis anda. Anda juga harus dapat mengidentifikasi apakah
media social tersebut dapat mencapai target audiens anda. Fokuslah pada 1 atau
maksimal 2 media sosial saja. Lebih dari 2 media social membuat anda kewalahan,
lain halnya jika brand anda sudah sangat terkenal.
Membangun
Perencana Konten
Dan
terakhir yang perlu anda lakukan adalah mengembangkan rencana konten
dengan baik agar dapat menyampaikan materi dengan menarik. Buatlah konten
yang menarik dan tidak monoton. Konten bisa berupa video pendek atau ulasan apa
saja. Jadi tidak terus-menerus teks dan gambar saja. Terkadang konten anda
selingi dengan meme yang lucu juga bagus. Kreatiflah dalam membuat konten dan
berikanlah konten yang bernilai bagi audiens anda.
Bagaimana, Sudah mulai paham? ^_^
Buat kamu yang ingin lebih detail belajar tentang sosial media marketing, kamu boleh kepoin >> DI SINI
Buat kamu yang ingin lebih detail belajar tentang sosial media marketing, kamu boleh kepoin >> DI SINI
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih :)