Mengapa Kita Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Kopi Instan?


Tidak terpungkiri kopi instan memang populer dan memiliki fans tersendiri. Tak heran beberapa merk seolah "perang branding" dalam menggaet penikmat produk mereka. Sebagian orang Indonesia memang telah kecanduan dengan kopi instan, apa lagi karena efisiensi waktu dalam membuatnya dan juga rasa yang menurut mereka enak. 

Sejak lahirnya kopi instan, jumlah penikmat kopi memang bertambah. Namun tahukah Anda kalau kopi instan punya efek negatif buat tubuh kita? Apa lagi jika dikonsumsi terus menerus.

Tidak Alami
Menurut Ketua Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Jember, Jawa Timur Prof Achmad Subagio, kopi instan dalam proses pembuatannya tidak memenuhi standar kesehatan. Kopi disangrai dengan suhu kecil, sehingga kandungan kafein dan asam tidak turun. Dan tentu saja banyak zat kimia yang terlibat dalam pembuatannya. Termasuk bahan pengawet agar kopi bisa tahan lama.

Untuk jenis kopi instan yang dilengkapi gula atau krimer, bahkan memiliki efek lebih buruk. Sebab mengandung pemanis buatan yang jika dikonsumsi secara terus menerus akan memicu diabetes

Sirup Rasa Kopi
Pada dasarnya kopi dengan biji berkualitas tidak akan dijual murah. Lalu mengapa kopi instan bisa murah? Ya tentu saja karena bubuk yang terdapat didalamnya tidak 100% dari biji kopi murni. Penulis bahkan pernah mendapat info kalau bubuk tersebut campuran dari jagung. Lalu dari mana rasa kopinya? Itu berasal dari 'perasa kopi'. Jadinya Anda bukan minum kopi, tapi minum sirup yang rasa kopi. 

Resiko Hipertensi
Selain makanan tertentu dapat meningkatkan resiko hipertensi, minum kopi instan pun dapat meningkatkan resiko penyakit ini. Krimer nabati yang terdapat dalam instan akan sulit dicerna oleh tubuh, bahkan bisa menyumbat pembuluh darah

Tidak Ada Pengalaman Seruya Menyeduh Kopi Sendiri
Kopi instan memang butuh waktu singkat dalam membuatnya. Namun justru karena inilah kamu tidak akan merasakan betapa nikmatnya meminum kopi dari hasil seduhanmu sendiri. Meracik sendiri kopi buatanmu, sehingga memberikan kamu pengalaman seru dalam menikmati minuman fenomenal ini.

Semoga bermanfaat ya gaes. 😊

Komentar