7 Mitos Dalam Memulai Bisnis Yang Mungkin Pernah Anda Alami

Mitos Dalam Bisnis

Inilah 7 mitos dalam memulai bisnis yang mungkin pernah Anda alami.

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis. Baik itu persiapan dari diri sendiri dulu, seperti mental, maupun persiapan dalam bentuk perangkat pendukung atau amunisi sebelum memulai bisnis.

Dalam proses persiapan ini, tentu saja calon pelaku bisnis akan menggali informasi sebanyak-banyaknya. Dan di sela-sela masa penggalian informasi dan pembelajaran mereka, tidak jarang berbagai macam mitos ditemukan dan telah beredar luas di masyarakat berkaitan dengan bisnis.

Apa saja mitos-mitos tersebut? Simak penjelasannya

  1. Anda Harus Tahu Semua Seluk Beluk Bisnis yang Akan Anda Lakukan

    Pada kenyataannya, Anda tidak harus mengetahui semua dari A sampai Z tentang bisnis yang akan Anda bangun. Karena beberapa tokoh bisnis besar memulai bisnis mereka dengan 2 hal yaitu Ide Brilian dan Rasa Penasaran Tinggi

    Waktulah yang akan membantu Anda membuktikan ide dan rasa penasaran Anda

  2. Wajib Punya Plan Bisnis Lengkap

    Anda memang butuh plan bisnis, tapi tidak harus memiliki business plan sesempurna mungkin untuk memulai. Anda akan berhadapan dengan trial and error saat memulai. Karena itu, jika Anda menghabiskan banyak waktu merancang bisnis plan paling sempurna, akan tidak akan pernah berani memulai langkah pertama Anda.

  3. Harus Memulai di Waktu yang Tepat

    Sesuai pengalaman pribadi, saya pernah terjebak dalam mitos ini. 2 tahun sebelum lahirnya Hijrah Fest, saya telah memikirkan ide yang sama tentang event muslim kreatif.

    Kata lain dari menunggu waktu yang tepat adalah 'menunda'. Akibatnya, orang lain yang akan menggarap ide Anda jika terus menunggu menemukan waktu yang tepat. Andalah yang harus menciptakan waktu yang tepat itu.

    Mitos dalam memulai bisnis

  4. Harus Punya Uang Banyak untuk Memulai Bisnis

    Jika Anda masih berdalih menunda bisnis akibat belum punya modal, coba Anda jawab pertanyaan ini,

    "Jika Anda membutuhkan modal 2 Milyar, dan setiap satu kaki Anda dihargai 1 Milyar, apakah Anda rela diamputasi demi uang senilai itu?"

    Jika jawaban Anda tidak, sesungguhnya Anda telah memiliki modal 2 Milyar.

  5. Anda Harus Merekrut Karyawan Sejak Awal

    Steve Wozniak  atau Woz merupakan pencipta komputer Apple 1, komputer pertama dalam sejarah Apple yang murni buatan Woz pada tahun 1976. Dia adalah pendiri sekaligus karyawan Apple.

    Lalu alasan apa Anda mengejar posisi 'Bos' dan merekrut karyawan untuk bisnis yang baru akan dimulai? Sementara perusahaan sebesar Apple saja melakukan pekerjaan pertamanya oleh para pendirinya.

  6. Harus Bekerja 24/7

    Tahukah Anda bahwa banyak bisnis gagal di 5 tahun pertama?

    Anda memang perlu bekerja keras agar tidak termasuk dalam kategori bisnis yang jatuh di 5 tahun pertama. Tapi Anda juga perlu menikmati hidup.

    Teringat petuah tokoh favorit saya, Happy Trenggono, beliau pernah berkata,
    "Bisnis bisa saja bangkrut. Anda harus siap untuk itu. Anda boleh gagal dalam berbisnis, tapi jangan gagal dalam hidup"

    "Berbisnislah dengan santai, hiduplah dengan serius"

  7. Harus Melakukan Semuanya Sendiri

    Mitos baru muncul ketika Anda tidak harus merekrut karyawan di awal.

    Kenyataannya, Anda bisa meng-hire pekerja outsource. Ini meminimalisir kerugian Anda termasuk kerugian materi. Karena ada tugas yang didelegasikan dan memberikan tanggun jawab pada mereka.

    Selain itu, teknik ini juga merupakan salah satu isian kolom dalam Bisnis Model Canvas yang akan saya bahas di artikel selanjutnya.

KESIMPULANNYA...

Jadilah orang yang haus akan informasi. Kaji dan telaah setiap informasi yang Anda dapatkan. Bertanyalah pada ahlinya, pada orang yang telah berpengalaman sebelumnya sesuai bidang bisnis Anda. Belajarlah ilmu dan teknis bisnis pada tempat belajar yang tepat. Jangan asal belajar, temukan platform yang benar-benar bisa membimbing Anda dari A sampai Z untuk memperjuangkan ide bisnis Anda.

Jika Anda kebingungan menemukan platform atau tempat belajar bisnis yang tepat dan lengkap, Anda bisa mencoba Elite MasterClass, karena sudah ribuan orang pernah belajar di sana. Bahkan mungkin mentor bisnis Anda :)

Semoga bermanfaat. Aamiin

Komentar