Kenali Ini Maka Tidak Akan Ada Perang Harga

Traffic Sales

Seminggu sudah Ramadhan berlalu. Saya menemukan beberapa hal penting terkait kondisi bisnis di Ramadhan minggu pertama ini.

Ada peluang bahwa reseller dan dropship akan segera mati di Indonesia. Mungkin bukan benar-benar mati sih, tapi akan mengalami pengurangan potensi yang sangat signifikan, dibanding kondisi beberapa tahun sebelumnya. 

Kenapa?

Karena marketplace telah sangat mendominasi. Dan masa depan toko online berada di marketplace. Adalah benar bahwa marketplace menyajikan beragam harga. Meski barang yang dijual serupa kualitasnya, dan dari suplier yang sama. Namun karena ada reseller dan dropshiper maka perbedaan harga jual yang tertera berbeda. Inilah perang harga.

Tentu saja ada suplier yang tidak peduli dengan hal ini. Jika mereka memperbolehkan reseller atau dropshier me-mark up harga. Toh, kepentingan suplier adalah bagaimana barang mereka terjual sesuai harga grosir yang sudah mereka sajikan. Tinggal reseller atau dropshier yang menyelesaikan hingga ke end user. Jujur, sayapun pernah termasuk dalam kategori suplier ini. 

Melihat perang harga seperti ini tentu saja bukan hal yang sehat. Menyadari itu, maka ada beberapa hal yang menurut saya sebaiknya di benahi yakni :

  1. Kontrol Harga. Sebaiknya suplier mengontrol harga retail dropshiper/reseller. Hal ini penting untuk menghindari perang harga.
  2. Reseller/Dropship Harus Kompeten. Saya memperhatikan beberapa dropshiper/reseller yang menjual barang yang sama, kualitas yang sama, dan dari suplier yang sama. Harga termurah tidak menjamin harga seller tersebut memenangkan transaksi terbanyak. Seringkali malah harga mahal tapi dengan manajemen yang baik, justru seller tersebut yang menjual paling banyak.
Kenapa?

Setelah ditelusuri, ternyata seller tersebut memiliki kebun trafik yang baik. Ditambah dengan copywriting yang 'menyihir', serta gambar yang sempurna. Dengan trafik yang banyak, tentu saja potensi closing jauh lebih tinggi.

Saya hanya hendak berkata, bahwa dengan trafik yang baik, maka tak akan ada perang harga.

Semoga bermanfaat

Komentar