Alasan Kenapa Ampas Kopi Sebaiknya Jangan Langsung Dibuang



Alasan Kenapa Ampas Kopi Sebaiknya Jangan Langsung Dibuang



Minum kopi tentu sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang, bahkan menjadi 'ritual' wajib. Dan setelah menghabiskan kopi, selalu ada ampas yang tertinggal. Asal tahu saja, ampas kopi memiliki beberapa manfaat positif dan berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut beberapa manfaat ampas kopi :

Menyuburkan Tanah dan Mengusir Hama
Karena ampas kopi memiliki bau yang khas, karenanya membuat hama enggan untuk hinggap pada tanaman. Memanfaatkan ampas kopi sebagai pengusir hama bisa dengan caranya menaburkan ampas kopi di sekeliling tanaman.
Selain itu, ampas kopi juga dapat diolah menjadi pupuk kompos. Dengan cara mencampurkan ampas kopi yang telah terurai dengan dedaunan atau rumput. Biarkan beberapa lama hingga menjadi pupuk kompos.

Menutupi Goresan Pada Furnitur Kayu
Furnitur kayu sangat rentan terkena goresan hingga berlubang karena rayap. Nah, ampas kopi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat furnitur kembali terlihat seperti baru. Caranya adalah dengan mencampurkan air hangat, cuka, dan ampas kopi. Lalu gosokkan campuran tersebut ke permukaan furnitur yang memiliki goresan.

Menghilangkan Bau Tidak Sedap
Zat yang terkandung di dalam ampas kopi bisa berfungsi sebagai deodorizer yang dapat menghilangkan bau tidak sedap. Apa lagi bau tak sedap yang ada di lemari es atau kulkas. Simpan semangkuk ampas kopi di dalam kulkas, dengan begitu bau-bau tidak sedap di dalamnya insya Allah tidak akan tercium lagi.

Membersihkan Peralatan Makan
Peralatan makan kamu kotor? Gunakan ampas kopi sebagai pembersih alternatif. Tekstur yang kasar ampas kopi mampu menjadi membersihkan peralatan makan kita. Justru karena teksturnya inilah yang akan membersihkan kotoran bandel di peralatan makan kita.

Karya Seni
Bagi yang memiliki jiwa seni yang tinggi, ampas kopi merupakan media yang bisa digunakan sebagai karya seni dalam bentuk lukisan. Beberapa orang telah menjadikan hal ini sebagai hobi baru karena keunikan dari hasil karya lukisan kopi. Seperti yang ada di artikel satu ini https://www.brilio.net/news/15-karya-seni-super-keren-berbahan-ampas-kopi-ciptaan-cowok-bandung-1510155.html

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

Komentar